Skip to content

Terasi dan Rendang

October 22, 2013

Dari 51 hari gue berada disini, semalam adalah makan malam terlezat yang pernah gue rasakan.

Jadi ceritanya teman sekamar gue dikirimi makanan-makanan dari Indonesia yang sukses membuat kami berdua menjerit bahagia saat membuka bungkusan titipan tersebut. Kami langsung memeluk paket tersebut dan menciuminya penuh cinta. Betapa kami merindukan wangi rempah-rempah khas Indonesia.

“RENDAAAAAAAAANG!!!” pekik gue ketika barang pertama dikeluarkan, mengalahkan kerasnya teriakan orang-orang yang menonton pertandingan bola.

“TERASIIIIIIII!!!!”  balas teman sekamar gue dengan tidak kalah hebohnya.

Selanjutnya, ada sambal Indonesia yang ia titip (untuk makan M********n, katanya) dan rendang telur, yang sukses membuat kami berdua mengahru biru karena ini akhir bulan dimana akhir bulan berarti isi dompet menipis dan makanan terbatas.

Saat makan malam, kami turun ke bawah untuk membeli nasi putih dan bergegas naik kembali ke kamar. Sampai di kamar, kami mengambil botol air, piring, dan semua sambal tadi kemudian meletakkannya di atas karpet di tengah-tengah kamar, bersiap untuk makan enak.

Saat kotak rendang pertama terbuka, langsung tercium aroma rempah-rempah khas Indonesia. Rendang dengan warna hitam, kering, dengan campuran sayur paku. Hanya dengan mencium aromanya saja kami berdua sudah kelaparan.

Selanjutnya, kami memindahkan nasi yang sudah dibeli dari sterofoam ke piring lalu menyendok rendang. Sebagai sentuhan terakhir, kami menyendok terasi dan meletakkannya di pinggir piring.

Pertama, gue gigit daging rendang tersebut dan mencampurkan bumbunya ke nasi putih hingga warnanya berubah. Setelah itu, gue ambil sedikit terasi dan mencampurkannya ke sebagian kecil nasi yang akan gue suap.

Setelah campurannya gue rasa sempurna, gue menyuap nasi tersebut dan—

Rasanya tidak terlukiskan dengan kata-kata. Itu rendang dengan terasi terlezat yang pernah gue makan dalam 20 tahun kehidupan gue.

 

By: chocofetish

No comments yet

Leave a Reply

